5 Cara Merebus Telur yang Benar agar Mudah Dikupas

Berita35 Dilihat

Tak semua telur yang telah direbus kemudian mudah untuk dikupas. Lantas, bagaimana cara merebus telur agar mudah dikupas?

Telur jadi salah sumber makanan sehat yang paling mudah didapat dan diolah. Merebusnya jadi cara mengolah telur yang paling sehat.

Rebusan telur biasanya dikonsumsi oleh mereka yang tengah menjalani diet tertentu, ditemani oleh sayur-mayur yang menyegarkan.

Namun, sering kali telur yang telah direbus justru sulit dikupas. Hasil mengupas bisa saja berantakan atau bahkan sedikit bagian putih telur jadi ikut terangkat. Akibatnya, bentuk telur rebus pun jadi tidak bulat sempurna.

Cara merebus telur agar mudah dikupas

Faktanya, untuk mendapatkan telur rebus yang mudah dikupas, Anda perlu memperhatikan segalanya dari awal. Mulai dari cara merebus hingga jenis telur yang dipilih.

Berikut cara merebus telur agar mudah dikupas, melansir QG.

1. Jangan gunakan telur segar

Telur segar dari peternakan akan lebih sulit dikupas. Hal ini disebabkan oleh senyawa kimia tertentu yang ada pada kulit telur.

Gunakan telur segar yang datang langsung dari peternakan untuk digoreng. Sementara jika Anda ingin merebusnya, gunakan telur yang biasanya telah dikemas dalam boks karton di supermarket.

2. Masukkan telur saat air mendidih

Telur yang dimasukkan saat kondisi air mendidih akan lebih mudah dikupas.

Namun, hati-hati saat memasukkan telur ke dalam air mendidih. Pasalnya, telur bisa saja retak.

Untuk meminimalisasi risiko itu, masukkan telur dengan menggunakan sendok. Jangan lupa juga gunakan api kecil saat memasukkan telur.

3. Atur waktu

Jangan terlalu lama merebus telur. Cukup 7 menit saja, Anda bisa mendapatkan kuning telur yang keras tapi lunak. Sementara jika Anda ingin matang penuh atau sempurna, rebus telur setidaknya selama 10 menit.

4. Masukkan ke air dingin setelah matang

Setelah matang, rendam telur ke dalam air dalam suhu normal atau dingin. Biarkan telur di dalamnya setidaknya selama 2-3 menit atau hingga telur tak terlalu panas saat dipegang.

5. Kupas telur di dalam air selagi hangat

Jika kesulitan, Anda bisa mengupas telur di bawah air yang mengalir. Hal ini membantu cangkangnya bisa lepas dengan lebih mudah dan cepat.

Demikian beberapa cara merebus telur agar mudah dikupas. Selamat mencoba!

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *