7 Cara Membersihkan Daging Sapi Kurban yang benar, Dijamin Awet dan Sehat

Nasional18 Dilihat

Hari Raya Idul Adha 1444 H, sudah di depan mata. Di momen yang spesial ini umat Islam bersukacita dan berbagi kebahagiaan dengan pembagian hewan kurban. Salah satu hal yang tak kalah penting yaitu memahami cara membersihkan daging sapi kurban yang benar. 

Berdasarkan hasil sidang isbat yang di gelar oleh Kemenag pada Minggu, 18 Juni 2023 Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada 29 Juni mendatang. Sementara, organisasi Islam Muhammadiyah menetapkan Idul Adha sehari lebih awal, tepatnya pada 28 Juni 2023. 

Pembagian daging kurban menjadi tradisi bagi utama Islam yang khas dari hari raya Idul Adha. Sebagian orang mungkin memilih langsung mengolah daging sapi kurban tersebut secepatnya supaya tidak busuk. Namun tidak jarang seseorang juga akan memilih untuk menyimpannya terlebih dahulu supaya dapat diolah keesokan harinya atau beberapa hari kemudian.  

Nah, untuk itu, Anda harus mengetahui cara yang tepat untuk membersihkan dan menyimpan sapi kurban yang benar agar bisa bertahan lama dan tetap sehat ketika dikonsumsi. Untuk  mengetahui caranya, simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

Cara Membersihkan Daging Sapi Kurban yang benar 

Dilansir dari berbagai sumber,  berikut ini adalah cara untuk membersihkan daging sapi kurban yang benar agar tetap awet dan sehat saat dikonsumsi: 

1. Jangan mencuci daging 

Berbeda dengan daging ayam atau daging hewan lainnya, sebelum diolah daging sapi tak perlu dicuci terlebih dahulu. Inilah mengapa ditempat-tempat penjagalan jarang ditemukan pencucian khusus daging sapi. Umumnya, para pedagang akan langsung menggantung daging sapi yang baru saja dipotong. Daging sapi yang dicuci setelah dipotong justru akan menurunkan kualitas sebab teksturnya menjadi mengkerut dan kaku. 

2. Bersihkan dengan Tisu 

Sisa-sisa darah segar atau cairan yang menempel pada daging sapi bisa Anda bersihkan menggunakan tisu khusus dapur. Setelah itu, istirahatkan beberapa saat daging sapi lalu bisa dimasak. Namun jika daging masih belum akan diolah, maka cara membersihkan daging sapi cukup dilap dengan tisu dapur saja. 

Lalu simpan daging di dalam wadah kedap udara atau plastic wrap. Kemudian langsung simpan daging sapi ke dalam freezer. Jika dibungkus dengan sangat baik, maka daging sapi bisa bertahan hingga enam bulan mendatang. 

3. Potong Sesuai Takaran Konsumsi 

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, daging sapi kurban sebaiknya dipotong kecil-kecil atau sesuai dengan standar konsumsi keluarga. Sebelum memotong, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu agar daging sapi kurban tetap bersih. 

Kebersihan pisau untuk memotong daging sapi juga harus diperhatikan. Setelah memastikan semuanya sudah besih, barulah potong daging kurban tersebut sesuai dengan selera. 

4. Menyimpan di Wadah Tertutup 

Setelah daging sapi kurban dipotong-potonh sesuai dengan takaran, Anda harus memasukkannya ke dalam wadah yang tertutup dan kedap udara. Pilihlah wadah makanan food grade yang sudah terjamin keamanannya untuk menyimpan daging sapi kurban. 

5. Memisahkan Daging dan Jeroan 

Hal yang perlu diingat selanjutnya adalah lebih baik Anda memisahkan daging dan jeroan agar daging sapi kurban bisa tahan lebih lama. Jeroan biasanya mudah rusak jika dibandingkan dengan daging, oleh sebab itu lebih baik jeroan dan daging disimpan di tempat yang berbeda. 

6. Rebus Daging   

Pembersihan daging sapi juga bisa dilakukan dengan cara merebus langsung daging sapi. Apabila air rebusan daging sudah terlihat keruh, maka air bisa dibuang dan diganti dengan air jernih yang baru. Kemudian daging bisa disimpan di dalam kulkas. 

7. Mencairkan Daging Beku 

Saat mengeluarkan daging sapi kurban yang beku pun Anda harus mengikuti beberapa langkah agar tak tercemar bakteri. Sebaiknya, Anda memindahkan daging sapi dari freezer ke refrigerator terlebih dahulu, lalu biarkan mencair. Setelah itu, baru Anda dapat mengolahnya. 

Ingay, bila Anda sudah mengeluarkan daging sapi dari kulkas, sebaiknya tidak memasukkannya lagi ke dalam kulkas. Hal ini dilakukan karena saat sudah dicairkan dan dikeluarkan dari dalam kulkas, daging akan mudah tercemar oleh bakteri yang menyebabkan daging sapi kurban cepat busuk. 

Nah itulah cara membersihkan daging sapi kurban yang benar. Semoga bermanfaat! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

[SUARA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *