Aktor Pemenang Oscar Little Miss Sunshine Alan Arkin Meninggal Dunia

Hiburan21 Dilihat

Alan Arkin, pemenang Oscar “Little Miss Sunshine,” meninggal dunia. Berita ini diumumkan keluarganya pada Jumat (30/6). Arkin meninggal dalam usia 89 tahun.

“Ayah kami adalah kekuatan alam yang sangat berbakat, baik sebagai seniman maupun laki-laki. Seorang suami, ayah, kakek buyut yang penuh kasih, dia dipuja dan akan sangat dirindukan, “kata putra-putranya Adam, Matthew, dan Anthony Arkin dalam sebuah pernyataan kepada CNN.

Arkin Lahir di Brooklyn dari orang tua imigran Yahudi Rusia-Jerman, keluarganya pindah ke Los Angeles ketika dia masih kecil.

Arkin kuliah di Bennington College tetapi keluar untuk membentuk grup musik, The Tarriers dimana dia bernyanyi dan bermain gitar. Grup ini tidak bertahan lama tetapi menjadi hit dengan “The Banana Boat Song” pada tahun 1957.

Tapi akting adalah passionnya. Arkin memenangkan Tony Award untuk penampilan debutnya di Broadway dalam drama tahun 1963 “Enter Laughing” dan penghargaan Drama Desk untuk mengarahkan drama tahun 1968 “Little Murders,” yang juga dia sutradarai untuk layar lebar.

Arkin juga menyutradarai versi asli Broadway dari “The Sunshine Boys” karya Neil Simon, yang diputar untuk lebih dari 500 pertunjukan.

Dalam karya filmnya, ia menjadi salah satu dari segelintir aktor yang dinominasikan Oscar untuk peran utama pertama mereka. Dalam kasus Arkin, dia dinominasikan untuk perannya sebagai Rozanov dalam komedi perang tahun 1966, “The Russians Are Coming, the Russians Are Coming.

Dia juga mendapatkan nominasi Oscar untuk penampilannya di “The Heart is a Lonely Hunter” (1967), dan “Argo” (2012).

Baru-baru ini, Arkin dinominasikan untuk penghargaan Emmy, Golden Globe, dan SAG untuk peran komedi dalam serial Netflix “The Kominsky Method”.

Sepeninggal Arkin, rekan aktor termasuk Viola Davis dan Patton Oswalt memberikan penghormatan kepada Arkin di media sosial.

“Pekerjaan kami menginspirasi generasi aktor dan mengingatkan kami betapa kuatnya seni kami dapat mengubah kami,” tulis Davis di Instagram. “Istirahatlah dengan tenang!”

“Siapa yang memiliki karakter yang dimiliki Alan Arkin?,” cuit Oswalt. “Lucu, menyeramkan, gila, tragis. Tidak ada mood yang tidak bisa dia jalani. RIP.”

Natasha Lyonne, yang bermain bersama Arkin di “Slums of Beverly Hills” tahun 1998, berbagi perasaannya di Instagram Stories-nya, menulis mendiang aktor, “Sangat mencintai pria yang manis dan brilian ini” dan “Ayah film favorit & pahlawan sepanjang masa .”

Arkin meninggalkan istrinya Suzanne, putra Matthew, Anthony dan Adam, cucu Molly, Emmet, Atticus, dan Abigail, dan cicit Elliott.

[CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *