Apa itu Influencer? Pengertian, Jenis, dan Cara Kerjanya

Berita31 Dilihat

Influencer adalah istilah yang belakangan ini cukup populer bahkan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalangan pengguna media sosial.

Namun, apa itu influencer dalam arti sebenarnya dan bagaimana cara kerjanya untuk memengaruhi orang banyak?

Dirangkum dalam buku The Magic of Influencer (2022) dan sumber lainnya, berikut penjelasan lebih lanjut tentang influencer.

Pengertian Influencer

Influencer adalah seseorang yang memiliki kemampuan menggerakkan orang lain dalam jumlah banyak (massa), untuk melakukan suatu tindakan tertentu dan tidak terbatas ruang dan waktu.

Secara umum, siapa saja yang dapat memengaruhi massa untuk melakukan sesuatu maka ia sebenarnya memiliki kemampuan influencer.

Menurut kamus Merriam Webster, influencer diartikan sebagai orang yang memberikan pengaruh atau menginspirasi dalam membimbing tindakan orang lain.

Dalam konteks bisnis, influencer adalah seseorang yang mampu memengaruhi, mengoordinasi, dan mendorong kreator untuk menciptakan sebuah produk baru.

Sementara itu dalam konteks digital terutama media sosial, influencer merupakan istilah yang merujuk pada seseorang dengan pengikut banyak di media sosial.

Jenis-Jenis Influencer

Di era digital seperti sekarang, influencer dapat dilihat sebagai pekerjaan atau peluang karier yang cukup menjanjikan.

Menurut buku The Boss (Best on SEO & SEM) (2020), jenis-jenis influencer bisa dibedakan dari jumlah pengikut dan media yang digunakan untuk melakukan promosi barang.

1. Mikro influencer

Pertama ada mikro influencer, yaitu influencer dengan jumlah pengikut sekitar 10 ribu atau kurang dari itu.

Kekuatan mikro influencer adalah keterikatan atau engagement dengan pengikutnya. Menurut hasil studi, kemungkinan konsumen membeli produk rekomendasi mikro influencer 82 persen.

2. Makro influencer

Kedua ada makro influencer, yaitu influencer dengan jumlah pengikut sekitar 100 ribu. Sosok makro influencer ini memungkinkan cukup terkenal meski tidak terlalu tenar seperti selebritas.

Makro influencer mempunyai potensi untuk mempromosikan suatu produk ke lebih banyak orang, bahkan bisa membuat produk tersebut terlihat eksklusif.

3. Premium influencer

Ketiga ada premium influencer, yaitu top influencer dengan jumlah pengikut paling banyak di atas 100 ribu bahkan bisa mencapai jutaan.

Persentase pembelian produk dari rekomendasi premium influencer mungkin tidak sebesar influencer lain. Namun tetap dinilai menjanjikan karena bisa menjangkau pesan sangat luas.

Jenis-Jenis Influencer dari Platform yang Dipakai

Dirangkum berbagai sumber, berikut beberapa jenis atau kategori influencer berdasarkan platform yang dipakainya.

1. Blogger

Blogger influencer adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan memengaruhi pembacanya dari apa yang mereka tulis melalui situs blog.

Konten blog yang ditulis influencer ini bisa bermacam-macam. Misalnya ulasan atau review suatu produk, tempat, pelayanan dan jasa, hingga pengalaman tertentu.

Cara kerja blogger influencer yaitu memberikan berbagai macam ulasan di blognya, lalu ditulis mendetail serta panjang sehingga pembaca bisa puas karena mendapat informasi jelas.

2. YouTuber

Influencer YouTube atau YouTuber adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan memengaruhi pengikutnya melalui tontonan atau konten yang ditayangkan di platform YouTube.

Konten YouTube yang ditampilkannya bisa beragam sesuai dengan fokus masing-masing. Contohnya YouTuber travelling, beauty dan fashion item, lifestyle, dan masih banyak lagi.

Cara kerja influencer YouTube yaitu membagikan ulasan terhadap suatu produk yang nantinya mereka tayangkan di konten YouTube untuk ditonton oleh para pengikutnya.

3. Selebgram

Selebritas Instagram atau selebgram adalah public figure yang memanfaatkan kepopulerannya melalui platform Instagram.

Selebgram ini mempunyai kemampuan memengaruhi pengikutnya melalui konten-konten yang mereka buat sendiri, seperti foto hingga video.

Cara kerja selebgram influencer adalah membuka layanan endorsement, paid partnership, hingga paid promote pada suatu produk, dengan harapan para pengikutnya bisa tertarik membeli dan meningkatkan penjualan terhadap suatu produk.

Itulah penjelasan tentang pengertian influencer, jenis-jenisnya sesuai platform, serta cara kerjanya dalam memengaruhi orang banyak.

[CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *