Arti Subhanallah dan Waktu Mengucapkannya

Berita25 Dilihat

Subhanallah merupakan salah satu bacaan tasbih dalam zikir untuk menggambarkan kebesaran Allah SWT.

Namun, tahukah kamu apa arti subhanallah? Berikut penjelasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Arti Subhanallah

Secara kata, subhanallah berarti Maha Suci Allah seperti dilansir dari MyIslam. Namun, subhanallah juga dapat diartikan sebagai Allah Maha Sempurna.

Di dalam Al Quran terdapat banyak ayat yang menyertakan bacaan subhanallah. Subhanallah dalam ayat-ayat Al Quran berarti mengingatkan manusia agar tidak membanding-bandingkan Allah dengan tuhan-tuhan lain.

Subhanallah juga meliputi prinsip utama tauhid, yaitu Allah adalah satu-satunya, yang paling mulia, dan merupakan pernyataan bahwa Allah berada di atas segalanya.

Lebih lanjut, subhanallah merupakan bacaan tasbih dalam zikir, yaitu membaca kalimat pendek secara diam-diam di dalam pikiran maupun dengan suara keras dan dilakukan berulang-ulang untuk menggambarkan kekuasaan Allah.

Muslim yang membaca subhanallah dalam zikir berarti tengah memuliakan Allah SWT dan menunjukkan rasa syukur atas semua nikmat yang telah Allah berikan dalam hidup.

Waktu Mengucap Subhanallah

Setelah mengerti arti subhanallah, lantas kapan waktu yang tepat untuk mengucap subhanallah?

Subhanallah diucapkan ketika muslim melihat hal-hal yang menakjubkan. Misalnya, pemandangan alam yang indah atau hamparan bintang yang berkilau di tengah malam.

Sebab pemandangan indah seperti demikian adalah hasil ciptaan Allah. Begitu juga ketika melihat bayi yang baru dilahirkan atas kuasa Allah, dapat pula diucapkan subhanallah.

Selain itu, juga dapat diucapkan ketika muslim mendapat kegembiraan atau berada di tengah kegembiraan.

Di luar itu, subhanallah dapat diucapkan kapan saja sebagai tasbih tanpa alasan apa pun. Artinya, tidak ada batasan karena bertujuan menggambarkan kekuasaan Allah.

Manfaat Mengucap Tasbih

Melansir Nahdlatul Ulama (NU), ada banyak manfaat dari bacaan tasbih ketika diucapkan oleh muslim. Berikut manfaat mengucap tasbih.

Dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT
Ditambahkan pahalanya oleh Allah SWT
Dihapus dosanya oleh Allah SWT
Akan mendapatkan jaminan surga
Sebagai perisai agar dirinya dilindungi oleh Allah dari segala bahaya yang akan menimpanya.

Demikian penjelasan mengenai arti subhanallah. Semoga memberi pencerahan.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *