Beda Pemanasan Indonesia dan Argentina di GBK: Petuah Erick Thohir

Olahraga30 Views

Timnas Indonesia dan Argentina sama-sama menggelar latihan terbuka selama 15 menit di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Minggu (18/6) malam.

Meski hanya 15 menit awal, terlihat ada perbedaan mencolok dalam sesi latihan resmi (official training) tersebut. Cara pemain kedua tim menyiapkan diri sebelum latihan cukup kontras.

Pemain Argentina mulai masuk ke dalam lapangan sekitar pukul 18.15 WIB. Tanpa ada aba-aba, Rodrigo de Paul dan kawan-kawan langsung mengambil bola. La Albiceleste pemanasan dengan bola.

Pemain Argentina menimang bola secara bergantian dalam kelompok kecil tiga hingga lima pemain. Dalam sesi ini terlihat teknik para pemain dalam mengontrol bola yang diberikan temannya.

Tak tampak ketegangan dalam wajah pemain. Mereka terlihat riang menjalani sesi awal latihan tersebut. Kendati demikian tidak ada yang terlihat main-main atau bercanda berlebihan.

Pada saat yang sama empat kiper Argentina mendapat arahan khusus dari dua pelatih kiper. Setelah pemanasan selama lima menit, Emiliano Martinez dan kawan-kawan main tenis meja kepala.

Sesi ini berlangsung sekurangnya selama 10 menit lebih. Setelah itu Lionel Scaloni memanggil pemain ke tengah lapangan. Pelatih 45 tahun ini memberi arahan singkat sekitar dua menit.

Pemain kemudian melakukan pemanasan dengan melewati alat-alat latihan yang telah disiapkan. Saat sesi ini berlangsung, jurnalis diminta meninggalkan lapangan pertandingan.

Pada pukul 19.45 WIB, giliran Timnas Indonesia mencoba lapangan. Tak seperti Argentina yang langsung menimang bola, pemain diminta berkumpul dulu di sisi lapangan karena ada Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Sekitar lima menit pemain melingkar mendengarkan arahan dari Erick. Setelah itu pemain kembali melingkar di tengah lapangan untuk mendengarkan arahan Shin Tae Yong.

Setelah itu pemain melakukan pemanasan ringan dengan berlari-lari di alat latihan yang telah dipasang. Ini berlangsung sekitar lima menit dan baru kemudian dilakukan pemanasan dengan bola.

Awalnya saling umpan dalam formasi segitiga kecil dan makin membesar sesuai dengan instruksi Shin dari peluit yang ditiup. Saat sesi ini berlangsung, jurnalis diminta keluar.

Dari pantauan CNNIndonesia.com di lapangan latihan, tenaga yang dikeluarkan pemain kurang maksimal. Ini berbeda dengan Argentina yang langsung serius dengan kekuatan sejak awal latihan.

[CNN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *