Beli Tiket Kereta Bisa 3 Bulan Sebelum Berangkat Mulai 1 Juli 2023

Bisnis27 Views

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memperpanjang periode pemesanan tiket KA jarak jauh. Per 10 Juni, tiket KA jarak jauh sudah bisa dipesan mulai H-45 sebelum hari keberangkatan. Lalu per 1 Juli 2023, tiket KA jarak jauh dapat dipesan mulai H-90 sebelum hari keberangkatan.

Semula, pemesanan tiket KA jarak jauh hanya dapat dipesan dalam jangka waktu H-30 sebelum hari keberangkatan kereta api.

“Perpanjangan periode pemesanan tiket ini merupakan upaya peningkatan pelayanan KAI dengan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya menggunakan kereta api,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangan resmi, Kamis (8/6).

Lebih lanjut, Joni mengimbau pelanggan agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta api yang tertera pada tiket atau e-ticket. Hal ini seiring dengan pemberlakuan GAPEKA (Grafik Perjalanan Kereta Api) 2023 yang telah diberlakukan sejak 1 Juni 2023.

Di samping itu, KAI terus mengingatkan kepada seluruh pelanggan agar turun di stasiun sesuai dengan yang tertera di tiket. Sebab, jika pelanggan didapati sengaja turun melebihi stasiun yang tertera di tiket, maka yang bersangkutan akan diturunkan di stasiun terdekat yang berkemungkinan jauh dari akses jalan raya.

Joni menegaskan Kondektur dibekali dengan aplikasi Check Seat Passenger sehingga dapat mengetahui identitas penumpang, tempat duduk, dan relasi tiket yang dibeli.

“Diharapkan adanya perpanjangan periode pemesanan tiket tersebut, Animo masyarakat semakin tinggi menggunakan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, dan sehat,” tutup Joni.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *