BMKG Catat 2 Kali Gempa Guncang Cianjur dalam Sehari

Berita, Nasional14 Views

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mencatat dua kali gempa terjadi di Cianjur, Jawa Barat, pada Minggu (11/6) ini. Gempa berpusat di Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang.

Gempa pertama tercatat dengan kekuatan 1,7 magnitudo pada pukul 9.00 WIB, kemudian gempa kedua 3,5 magnitudo pada pukul 11.15 WIB. Dikutip dari Antara, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan gempa yang terjadi dipicu aktivitas Sesar Cugenang.

“Gempa 3,5 magnitudo berpusat di 6.86 LS-107.06 BT atau sembilan kilometer arah Barat Daya Cianjur dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi tersebut berdekatan dengan pusat gempa berkekuatan 5,6 magnitudo yang mengguncang Cianjur, Senin 21 November 2022,” kata Teguh.

Menurutnya, getaran gempa dirasakan cukup kencang warga di wilayah utara, kota, dan timur Cianjur. Namun, gempa tersebut tidak merusak karena terjadi hanya beberapa detik, meski warga di sejumlah wilayah sempat panik dan berhamburan ke luar rumah.

“Kami meminta warga untuk tetap waspada dan segera ke luar rumah ketika terjadi gempa guna menghindari hal yang tidak diinginkan termasuk ambruknya bangunan rumah,” katanya.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan sudah meminta dinas terkait dan BPBD Cianjur untuk mendata kerusakan akibat gempa yang terjadi. Berdasarkan laporan sementara, sejumlah rumah yang baru dibangun di Kecamatan Cugenang dan Cianjur, mengalami rusak ringan.

“Kami masih menunggu laporan pasti dari petugas gabungan yang sudah disebar ke sejumlah wilayah untuk melakukan pendataan. Laporan sementara tidak ada korban jiwa atau luka-luka akibat gempa 3,5 magnitudo,” ujar Herman.

Herman meminta warga tidak panik, tetapi tetap waspada dan segera keluar rumah ketika terjadi gempa untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

[CNN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *