Cak Imin Dipingit PKB, Bakal Puasa Hingga Cari Petunjuk Jelang Pilpres 2024

Nasional10 Views

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Jazilul Fawaid membeberkan sejumlah hal yang akan dilakukan ketua umum partainya yakni Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin selama dipingit atau tak bicara soal urusan Pilpres 2024, sebagaimana hasil rapat pleno PKB.

Menurutnya, Cak Imin dalam masa pingit akan banyak berpikir, melakukan puasa dan mencari petunjuk jelang Pilpres.

“(Selama dipingit) Pak Muhaimin berpikir, berpuasa, mencari petunjuk,” kata Jazilul di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2023).

Jazilul mengatakan, nantinya Cak Imin akan tetap melakukan komunikasi meski menjalani pingit. Komunikasi tersebut dilakukan lewat handphonenya.

“Ya tentu sekarang namanya jaman teknologi masih pegang hp dan masih berkomunikasi dengan pihak luar,” tuturnya.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Gus Jazil ini menegaskan, jika pingit ini dilakukan PKB sebagai isyarat jika Cak Imin sudah menjadi pengantin atau pasangan Prabowo Subianto di Pilpres nanti.

“Ini sebagai isyarat bahwa Gus Muhaimin sudah jadi pengantin,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jazil mengatakan, selama dipingit juga Cak Imin tak bisa bertemu dengan para ketua-ketua umum partai politik yang lain.

“Ya secara otomatis berarti nggak bisa ketemu dengan yang lain. Namanya dipingit kan nggak boleh ketemu penganten yang lain,” pungkasnya.

Hasil Pleno

Sebelumnya, PKB menggelar rapat pleno pemenangan Pileg dan Pilpres 2024 di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2023). Salah satu hasilnya memutuskan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar untuk dipingit atau tak boleh bicara soal Pilpres.

“Tadi sempat ada diskusi yang lumayan menghangat soal Pilpres. Rapat pleno DPP akhirnya memutuskan agar Gus Muhaimin Iskandar mulai hari ini dipingit, kalau bahasa Jawa, dipingit tidak boleh berbicara soal Pilpres,” kata Ketua DPP PKB Yusuf Chudlori di sela-sela rapat pleno PKB.

Nantinya hal-hal yang akan berkaitan dengan Pilpres, Cak Imin akan mendelegasikan orang untuk membucarakan hal tersebut. Menurutnya, Cak Imin akan dipersiapkan untuk maju di Pilpres 2024.

“Cukup nanti mendelegasikan kepada pengurus DPP. Karena Gus Muhaimin ibaratnya pengantin. Dalam tradisi Jawa pengantin itu harus mulai masuk kamar, mulai berbenah, siap-siap,” tuturnya.

Terlahir, keputusan untuk Cak Imin tidak bicara soal Pilpres juga didasari keputusan para kiyai hingga dewan syura PKB. Nantinya hal itu akan dilakukan hingga hari H deklarasi pasangan capres-cawapres dalam koalisi.

“Maka oleh para kiai dan dewan syuro DPP, Gus Muhaimin diminta tidak bicara soal Pilpres,” katanya.

[SUARA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *