Daftar 20 Lokasi Lampu Merah di Jakarta dengan Kecerdasan Buatan

Berita17 Views

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyatakan sudah ada 20 lokasi di ibu kota yang dipasangi lampu merah berteknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Lokasinya tersebar di berbaga kota administrasi, mulai dari Jakarta Utara hingga Selatan.

AI yang terpasang di lampu merah itu berasal dari Google Inc. Dishub DKI dan Google telah bekerja sama dalam proyek bernama Green Light, MoU keduanya sudah ditandantangani pada November 2022 dengan rencana penerapan pada 2023.

“Jadi ada 20 simpang yang sudah menerapkan prinsip AI dengan intelijen transport sistem di traffic light,” ujar Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Minggu (2/7), disitat dari situs NTMC Polri.

Cara kerjanya yaitu AI menganalisa tingkat kepadatan kendaraan di simpang jalan dan menganalisa durasi lampu lalu lintas. Data AI akan digunakan untuk mengubah periode lampu lalu lintas hijau, kuning dan merah buat mengurai kemacetan.

Lampu hijau akan menyala lebih lama di daerah yang volume kendaraannya lebih banyak atau sebaliknya lampu merah menyala lebih lama di jalur yang sedikit kendaraan mengantre.

“Misalnya Utara Selatan yang paginya selatannya padat, maka otomatis sistem akan menghitung memberikan waktu paling panjang di kaki sisi selatan karena titiknya menuju ke arah sana,” papar dia.

“Demikian sore hari misalnya, ternyata dari Utara yg padat menuju selatan, maka kaki simpang sisi Utara akan di berikan waktu lebih panjang, sehingga antrean di simpang bisa dihindari,” katanya lagi.

Proyek Green Light sebelumnya sudah diterapkan di India dan diklaim bisa mengurangi kemacetan sampai 20 persen. Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menerapkan teknologi ini.

Daftar 20 simpang jalan dengan lampu merah AI:1. Jl. Jembatan 2 Raya – Jl. Tubagus Angke2. Jl. Kyai Tapa- Jl. Daan Mogot (Grogol)3. Jl. S Parman – Jl. Tomang Raya4. Jl. S.Parman – Jl. KS.Tubun- Jl. Gatot Subroto (Slipi)5. Jl. Gatot Subroto – Jl Rasuna Said (kuningan)6. Jl. Gatot Subroto – Jl.Supomo (Pancoran)7. Jl. MT haryono – Jl. sutoyo (Cawang Uki)8. Jl. DI Panjaitan – Jl. kalimalang9. Jl. Ahmad yani – Jl. Utan Kayu (Rawamangun)10. Jl. Ahmad Yani- Jl. Pemuda – Jl. Pramuka11. Jl. Ahmad Yani – Jl. H.Ten12. Jl. Perintis Kemerdekaan – Jl. Letjen Suprapto13. Jl. Senen Raya – Jl. Kwitang (Senen)14. Jl. Gunung Sahari – Jl Wahidin15. Jl. Gunung Sahari – Jl. Dokter Sutomo (MBAL)16. Jl. Gunung Sahari – Jl Angkasa – jl Samanhudi17. Jl. Gunung Sahari – Jl. Mangga Besar (kartini)18. Jl. Gunung Sahari – Jl. Pangeran Jayakarta19. Jl. Gunung Sahari – Jl. Mangga Dua20. Jl. Perniagaan Raya – Jl. Pasar pagi flyover (Jembatan Lima)

[CNN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *