Emisi Pabrik yang Gunakan Batu Bara Juga Sumbang Polusi Udara Jakarta

Nasional12 Views

JAKARTA, – Dinas Lingkungan Hidup (Dinas LH) DKI Jakarta tak menampik memburuknya kualitas udara di Jakarta tak lepas dari pengaruh emisi yang dihasilkan oleh pabrik di Ibu Kota.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, masih ada pabrik di Jakarta yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakar pengoperasiannya.

“Memang masih ada pabrik-pabrik di Jakarta yang masoh menggunakan batu bara,” ujar Asep di kawasan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (17/6/2023).

Asep mengatakan, Dinas LH DKI kerap melakukan monitoring terkait kondisi emisi pabrik yang ada di Jakarta.

Dalam monitoring itu, Asep masih menemukan pabrik di Jakarta yang masih menggunakan batu bara sebagai bahan bakar.

“Kami berharap untuk pabrik-pabrik tersebut yang masih menggunakan batu bara sebagai bahan bakarnya untuk pelan-pelan mengubah untuk energi lainnya,” ucap Asep.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari IQAir, indeks kualitas udara di Jakarta hampir tak pernah kurang dari 150 sejak Jumat (19/5/2023).

“Pemda DKI berbenah menambah RTH kita semua menanam pohon sisi lain kurangi emisi dengan uji emisi kendaraan,” ujar Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kepada wartawan, Kamis (8/6/2023).

Selain memperbanyak RTH, Pemprov DKI Jakarta berupaya melakukan peralihan jenis kendaraan dari menggunakan bahan bakar minyak ke listrik, tidak terkecuali Transjakarta.

“Transjakarta berbenah gunakan bus listrik, pokoknya semua masyarakat sama-sama membantu,” uca[KOMPAS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *