Hasil Sidang PPKI 18-22 Agustus 1945

Berita19 Dilihat

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) memiliki peranan penting terhadap kemerdekaan Indonesia. Salah satunya karena menggelar tiga sidang penting dalam rangka pembentukan negara Indonesia.

Berikut hasil sidang PPKI yang diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut, seperti dirangkum dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IX di program Guru Berbagi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Apa Itu PPKI?

PPKI adalah singkatan dari Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Panitia ini meneruskan hasil kerja Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Salah satu hasil kerja BPUPKI melalui Panitia Sembilan adalah perumusan dasar negara Pancasila yang dituangkan ke dalam Piagam Jakarta (Jakarta Charter) pada 22 Juni 1945.

Setelah itu, BPUPKI dibubarkan pada 7 Agustus 1945 dan dibentuklah PPKI pada 9 Agustus 1945 untuk meneruskan persiapan kemerdekaan Indonesia.

Tugas PPKI

PPKI dibentuk dengan tugas utama, yaitu mempersiapkan, mematangkan, dan mengesahkan hal-hal penting untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Namun, sebelum PPKI melakukan tugasnya, terjadi ketegangan di Indonesia yang dipicu oleh peristiwa pemboman Nagasaki dan Hiroshima, Jepang oleh Sekutu pada 14 Agustus 1945.

Setelah itu, terjadi kekosongan kekuasaan di Indonesia. Para tokoh nasional pun memanfaatkan momentum ini untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Usai proklamasi kemerdekaan Indonesia, PPKI baru menjalankan tugasnya dengan menggelar tiga sidang, yaitu pada 18 Agustus, 19 Agustus, dan 22 Agustus 1945.

Hasil Sidang PPKI

Berikut hasil sidang PPKI di masing-masing hari.

Hasil Sidang Pertama PPKI Tanggal 18 Agustus 1945

Berikut hasil sidang pertama PPKI.

1. Menetapkan UUD 1945

Hasil sidang pertama PPKI adalah menetapkan dan mengesahkan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Dalam Pembukaan UUD 1945 tersebut terdapat dasar negara Pancasila.

2. Memilih presiden dan wakil presiden Indonesia

Sidang PPKI juga memilih Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Sidang memutuskan Soekarno menjadi Presiden Indonesia dan Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden Indonesia.

3. Membentuk KNIP

PPKI juga membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP). Tugas KNIP adalah membantu Presiden selama Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) belum terbentuk.

Hasil Sidang Kedua PPKI Tanggal 19 Agustus 1945

Berikut hasil sidang kedua PPKI.

1. Menetapkan susunan kementerian

Hasil sidang kedua PPKI menetapkan susunan kementerian yang terdiri dari 12 kementerian.

2. Menetapkan pembagian wilayah provinsi di Indonesia

PPKI juga menetapkan pembagian wilayah provinsi di Indonesia yang terdiri dari delapan provinsi dengan masing-masing gubernurnya.

Hasil Sidang Ketiga PPKI Tanggal 22 Agustus 1945

Berikut hasil sidang ketiga PPKI.

1. Membentuk komite nasional

Hasil sidang ketiga PPKI adalah membentuk komite nasional yang terdiri dari pusat dan daerah.

2. Membentuk PNI

Sidang PPKI juga menghasilkan pembentukan Partai Nasional Indonesia dengan Soekarno sebagai Ketua PNI.

3. Membentuk BKR

Hasil sidang terakhir PPKI juga membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang menjadi cikal bakal Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Itulah hasil sidang PPKI dan perannya dalam kemerdekaan Indonesia. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

[CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *