Hasto PDI-P Sebut Nama Ridwan Kamil Masuk Kandidat Cawapres Ganjar

Nasional11 Views

JAKARTA, – Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk dalam bursa kandidat bakal calon wakil presiden (bacawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

Hal itu disampaikan Hasto menjawab pertanyaan wartawan tentang sosok cawapres pendamping Ganjar usai Groundbreaking Monumen Plaza Bung Karno di Bandung, Jawa Barat, Rabu (28/6/2023).

“Jadi, apa yang disebut Presiden Jokowi, ada Pak Ridwan Kamil, kemudian Pak Erick Thohir, Sandiaga Uno, Mahfud MD, Pak Basuki Hadimuljono, dan sebagainya, sehingga apa yang saya sampaikan tadi betul,” jelas Hasto dalam keterangan tertulis, Rabu.

Menurut Hasto, sosok Ridwan Kamil patut diapresiasi karena bisa menginisiasi pembangunan 11 monumen Bung Karno.

Dia menambahkan, semua monumen tersebut dibangun dengan sangat baik. Tidak hanya di Indonesia, bahkan di Aljazair. Namun, hal ini belum menjamin Ridwan bakal terpilih sebagai bacawapres Ganjar.

“Tentu kami memberikan apresiasi terhadap hal tersebut, meskipun terkait dengan siapa yang nanti akan ditetapkan sebagai cawapres mendampingi Pak Ganjar Pranowo, Ibu Mega bersama dengan ketua umum partai pada momentum yang tepat tentu saja berkonsultasi dengan Presiden Jokowi akan diumumkan,” tegas Hasto.

Hasto menegaskan, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri juga sudah menyampaikan bahwa nama-nama bakal cawapres masih dalam tahap kajian.

Selain itu, tambah Hasto, jumlahnya ada 10 nama. Adapun pengkajiannya juga dilakukan dengan dinamis.

“Ibu Mega sendiri kan mengatakan, saat ini dalam kajian yang sangat dinamis ada 10 bakal calon wakil presiden,” tutur dia.

Diberitakan sebelumnya, Hasto Kristiyanto menyebutkan Ridwan Kamil masuk radar sebagai bacawapres Ganjar Pranowo.

Hal itu disampaikan Hasto lewat pantun saat menghadiri peletakan batu pertama Monumen Plaza Bung Karno yang bakal dibangun di Taman Saparua, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Rabu.

“Kang Emil memang kaya prestasi. Memajukan Jabar penuh karya seni. Pemilu akan digelar beberapa bulan lagi. Bacawapres Pak Ganjar ternyata ada di sini,” kata Hasto disambut riuh tamu undangan.

Hasto menilai Ridwan Kamil sebagai sosok pemimpin yang bisa membawa nilai-nilai yang pernah diperjuangkan Bung Karno.

Dia juga mengapresiasi upaya Ridwan Kamil yang telah membuat 11 simbol tentang Bung Karno.

“Dari peci dan bajunya (Ridwan Kamil) kayak Bung Karno. Kalau lihat apa yang disampaikan oleh Bung Ridwan Kamil tadi kan luar biasa, ini ada 11 monumen Bung Karno yang telah beliau gagas dan dibangun dengan sangat baik tidak hanya di Indonesia tapi juga di Al-Jazair. Tentu kami memberikan apresiasi,” papar Hasto.

[KOMPAS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *