Ilham JK, Eks Timnas Indonesia Jadi Momok Menakutkan bagi Turkmenistan

Olahraga27 Dilihat

Turkmenistan sudah empat kali berhadapan dengan Timnas Indonesia dengan Ilham Jaya Kesuma tampil sebagai momok menakutkan.

Timnas Indonesia dan Turkmenistan akan kembali berduel di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Jumat (8/9). Keduanya berlatih tanding mengisi kalender FIFA Matchday.

Menjelang duel kelima Indonesia dan Turkmenistan, nama Ilham kembali dikenang. Ini karena mantan striker Persita Tangerang tersebut membuat torehan yang mentereng.

Ilham mencetak tiga gol dari dua pertandingan. Lelaki yang kini berprofesi sebagai pelatih tersebut mencetak hattrick ke gawang Turkmenistan pada 17 November 2004.

Dalam pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Tomo itu Ilham membobol gawang Turkmenistan pada menit ke-20, 47, dan 59. Adapun gol Turkmenistan dilesakkan Gurbangeldi Durdiyev.

Sebelumnya, saat Indonesia tandang ke markas Turkmenistan dalam Kualifikasi Piala Dunia 2006, Ilham tak masuk skuad. Saat itu Indonesia kalah 1-3 dengan Budi Sudarsono sebagai pencetak gol.

Menariknya, saat kembali bentrok pada 2011, ada sosok Ilham lagi yang jadi momok. Namun bukan Ilham JK, melainkan Muhammad Ilham yang giliran cetak gol. Pada 2011 generasi Timnas sudah berganti, Ilham JK sudah tak lagi masuk skuad Garuda.

Saat ini Timnas Indonesia kekurangan sosok striker. Shin Tae Yong belum menemukan striker andal seperti Ilham. Memang ada Dendy Sulistyawan dan Dimas Drajad, tetapi performanya menurun.

Kedua striker Timnas Indonesia itu belum mencetak gol di pentas Liga 1 2023/2024. Kendati demikian Dimas dan Dendy tetap dipanggil ke Timnas untuk melawan Turkmenistan.

[CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *