James Cameron: Sudah Banyak Pakar Khawatir Soal Kapal Selam Titan

Hiburan32 Dilihat

Sutradara film Titanic, James Cameron, mengaku banyak orang di komunitas peneliti dan peminat kelautan yang khawatir soal kapal selam Titan sebelum tragedi baru-baru ini terjadi.

Kepada ABC News seperti dirilis Entertainment Weekly pada Kamis (22/6), Cameron menyebut banyak pakar yang menyuarakan kekhawatiran mereka soal kapal buatan OceanGate Expedition tersebut.

“Sudah banyak orang di lingkungan komunitas sangat khawatir soal kapal selam ini,” kata Cameron yang juga seorang penjelajah laut dalam.

“Dan sejumlah orang top dalam komunitas teknologi kapal selam bahkan menulis surat ke perusahaan tersebut mengatakan bahwa apa yang mereka lakukan terlalu eksperimental untuk mengangkut penumpang,” lanjutnya.

“Selain itu, kapal ini juga perlu disertifikasi, dan semacamnya,” kata James Cameron yang sudah lebih dari 30 kali menyelam ke dasar Samudera Atlantik mengunjungi Titanic.

Cameron bahkan menyebut kapal selam Titan ini mengulang jejak Titanic yang teronggok di kedalaman 3,8 kilometer di bawah permukaan Samudera Atlantik.

“Saya kaget dengan kemiripan bencana kapal ini dengan Titanic, di mana kapten [Titanic] berulang kali diperingatkan soal gunung es di depan kapalnya,” kata Cameron.

“Tapi dia melaju dengan kecepatan penuh ke arena banyak gunung es saat malam tanpa bulan, dan akibatnya banyak orang meninggal,” lanjutnya.

“Dan untuk tragedi yang sangat mirip di mana peringatan tidak digubris terjadi di lokasi yang persis sama, dengan semua penyelaman yang sudah dilakukan di seluruh dunia, menurut saya sungguh mencengangkan. Ini benar-benar nyata,” kata Cameron.

James Cameron juga mengingatkan bahwa penting bagi masyarakat untuk peduli dan sadar bahwa penyelaman dasar laut dalam adalah seni yang butuh persiapan dan ilmu yang matang.

Lanjut ke sebelah…

[CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *