Jokowi Klaim Sinyal 4G Sudah Masuk ke 12.548 Desa, 10 Tahun Lebih Maju dari Rencana

Nasional21 Dilihat

JAKARTA, – Presiden Joko Widodo mengklaim, saat ini lebih dari 12.000 desa di Indonesia sudah terjangkau oleh sinyal internet berbasis 4G.

Menurut Presiden, pencapaian ini lebih maju 10 tahun dibandingkan target pemerintah sebelumnya.

“Insya Allah pada akhir tahun 2022, 12.548 desa dan kelurahan akan terjangkau sinyal 4G. Percepatan 10 tahun lebih maju dari rencana sebelumnya yang selesai pada tahun 2032,” ujar Jokowi saat memberikan sambutannya secara daring di acara Literasi Digital TNI pada Selasa (13/6/2023).

Namun, kata Jokowi, infrastruktur digital yang sudah ada itu tidak bisa berdiri sendiri. Sehingga, saat jaringan internet 4G sudah tersedia harus diikuti kesiapan masyarakat sebagai penggunanya.

Tujuannya, lanjut Presiden, agar manfaat positif internet dapat dioptimalkan untuk membuat masyarakat semakin cerdas dan produktif. 

Sementara, pada saat sebaliknya efek negatif dari internet harus dapat terus ditekan.

Kepala Negara mengingatkan, saat ini tantangan di ruang digital semakin besar. Antara lain maraknya konten negatif di media sosial dan kejahatan di internet.

“Hoaks, penipuan daring, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, perundungan siber, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital perlu terus diwaspadai. Karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Jokowi.

“Kewajiban kita bersama untuk terus meminimalkan konten negatif, membanjiri ruang digital dengan konten positif, banjiri terus, isi terus dengan konten positif. kita harus tingkatkan kecakapan digital masyarakat agar mampu menciptakan konten kreatif yg mendidik, menyejukkan, menyerukan perdamaian,” tuturnya.

Oleh karenanya, Presiden Jokowi juga menekankan bahwa literasi digital merupakan pekerjaan besar bagi pemerintah dan masyarakat.

“Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Perlu mendapatkan dukungan seluruh komponen bangsa agar semakin banyak masyarakat yang melek digital,” tambah Kepala Negara.

[KOMPAS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *