Kapolri-Panglima Gelar Doa Lintas Agama Jelang HUT Bhayangkara ke-77

Hukum Kriminal24 Dilihat

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menggelar acara Doa Lintas Agama di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta, Jumat (30/6). Doa Lintas Agama tersebut merupakan bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara yang akan jatuh pada Sabtu (1/7) besok.

“Kami bersama-sama TNI-Polri dan seluruh elemen masyarakat, OKP, Ormas dan seluruh perwakilan lintas agama bersama sama melaksanakan doa bersama, doa lintas agama,” ujarnya dalam konferensi pers.

Dalam kegiatan tersebut, Listyo mengatakan pihaknya juga turut menggelar pelbagai jenis lomba mulai dari vokal grup hingga Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Ia berharap melalui acara itu akan dapat meningkatkan spiritual dan menjadi pedoman jajaran Korps Bhayangkara.

“Tentunya nilai-nilai agama menjadi salah satu yang harus dipedomani sebagai suatu pegangan supaya bisa terus melakukan hal-hal yang bersifat baik dan menghindari hal-hal yang bersifat pelanggaran,” tuturnya.

Listyo mengatakan salah rangkaian Doa Lintas Agama juga turut melakukan revitalisasi terhadap 77 situs budaya hingga keagamaan. Jumlah tersebut diambil sesuai dengan Hari Bhayangkara tahun ini.

“Ini menjadi upaya kita untuk sama-sama merawat keberangaman yang kita miliki, keberagaman budaya yang kita miliki,” tuturnya.

“Keberagaman agama yang kita miliki untuk terus bisa kita jaga menjadi satu kekuatan, satu keberagaman yang menjadi ciri khas bangsa kita yang semuannya terawat dan terjaga di dalam bingkai NKRI,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Listyo menuturkan kegiatan Doa Lintas Agama juga diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan khususnya menjelang Pemilu 2024.

Ia juga mewanti-wanti seluruh jajaran agar dapat menciptakan kondisi damai di seluruh tahapan Pemilu 2024. Listyo menilai modal keberagaman yang ada seharusnya juga dapat digunakan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan.

“Sehingga hasil dari pemilu tersebut betul-betul bisa memperoleh, terpilih calon pemimpin nasional yang bisa menjaga, merawat kebhinekaan yang ada,” jelasnya.

“Merawat keberagaman yang ada sebagai modal untuk bersama-sama mewujudkan Indonesia maju menuju visi Indonesia Emas 2045,” sambungnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Yudo menambahkan pihaknya berharap dengan kegiatan Doa Lintas Agama itu juga dapat mempererat sinergitas yang terbangun antara TNI-Polri.

“Harapan kami dengan ulang tahun yang ke-77 ini sinergi TNI-Polri dapat terus berlanjut dan semakin kuat guna menghadapi pemilu 2024,” tutupnya.

[CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *