Macam-Macam Energi dalam Kehidupan

Berita21 Views

Kehidupan di bumi bersumber dari macam-macam energi. Tahukah kamu energi apa saja itu?

Berikut penjelasannya seperti dirangkum dari Buku Guru SD berjudul Energi dan Perubahannya dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).

Pengertian Energi

Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau usaha. Energi bersumber dari banyak hal di bumi.

Misalnya, energi panas dan cahaya dari matahari. Kemudian, ada juga energi dari angin, air, dan lainnya.

Macam-Macam Energi

Selain berasal dari sumber yang beragam, ada pula beberapa macam energi di kehidupan. Berikut penjelasannya masing-masing.

1. Energi kinetik

Energi kinetik adalah energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak. Contohnya energi dari bola yang dilempar.

Besar kecilnya energi kinetik suatu benda tergantung pada massa dan kelajuan benda tersebut. Energi kinetik suatu benda berbanding lurus dengan massa benda tersebut.

Artinya, energi kinetik dari benda yang memiliki massa 2 kg lebih besar dari benda yang memiliki massa 500 gram.

2. Energi potensial

Energi potensial adalah energi yang dimiliki oleh benda karena kedudukannya atau kondisinya. Berikut macam-macam energi potensial.

Energi potensial gravitasi: Energi potensial gravitasi adalah energi yang tersimpan dalam sistem yang merupakan hasil interaksi gravitasi antara benda dan bumi.
Energi potensial elastis: Energi potensial elastis adalah energi yang tersimpan dalam sistem yang merupakan hasil interaksi antara benda-benda elastis dan bumi. Contoh benda-benda elastis misalnya karet, bola karet, pegas, dan lainnya.

3. Energi mekanik

Energi mekanik adalah hasil penjumlahan antara energi kinetik dan energi potensial gravitasi. Besarnya energi mekanik yang dimiliki oleh suatu benda pada setiap perubahan posisi selalu tetap.

Jika suatu posisi energi potensial yang dimiliki benda maksimal, maka energi kinetik benda itu minimal. Sebaliknya, ketika energi kinetik benda tengah maksimal, maka energi potensialnya minimal.

4. Energi termal

Energi termal adalah jumlah energi potensial dan energi kinetik yang dimiliki oleh atom-atom dan molekul-molekul yang membentuk zat.

Menurut teorinya, benda panas memiliki energi yang lebih besar dibandingkan benda yang dingin. Jika ada dua benda yang berbeda suhu disentuhkan, maka sejumlah energi akan mengalir dari benda bersuhu panas ke benda bersuhu dingin.

Contohnya ketika memanaskan air dalam panci di atas kompor, maka energi yang akan mengalir adalah energi dari panas kompor ke panci sehingga air menjadi mendidih.

5. Energi potensial listrik

Energi potensial listrik adalah energi yang ditimbulkan oleh benda yang bermuatan listrik. Muatan listrik yang diam atau statis menimbulkan energi potensial listrik.

Sedangkan muatan listrik yang bergerak atau dinamis menimbulkan arus listrik dan energi magnet.

Itulah penjelasan mengenai macam-macam energi di kehidupan. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

[CNN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *