Menjawab Komplain Limbah Tinja di Aliran Kali Irigasi dengan “Zero BABS”

Nasional22 Views

JAKARTA, – Aroma tidak sedap sesekali tercium warga yang tinggal dekat Kali Irigasi di Jalan Tambun Rengas, RT 001/RW 08, Kelurahan Ujung Menteng, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Aroma itu berasal dari limbah tinja yang dibuang 26 bangunan di bantaran kali yang mengalir sejauh sekitar 5 kilometer menuju Rorotan, Jakarta Utara.

Para pemilik rumah sengaja mengarahkan pipa pembuangan kloset langsung ke kali, bukan ke lubang septic tank sebagaimana mestinya.

“Selain baunya yang mengganggu lingkungan, kondisi kali (yang juga penuh sampah) seakan-akan tidak pernah dirawat,” jelas Lurah Ujung Menteng Agus Sulaeman di Kantor Kelurahan Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (6/6/2023).

Agus mengungkapkan, warga setempat acap kali komplain mengenai kondisi ini. Biasanya, aduan disampaikan ketika kegiatan Jumantik sedang berlangsung setiap Jumat.

“Saat sedang Jumantik, selalu ada aduan dari masyarakat, ‘Tolong dong, kali itu kotor dan bau’ kata mereka,” ujar Agus.

Saat turun ke lapangan, Agus melihat tinja yang mengambang di permukaan air. Kala itu, ia sedang meninjau kondisi Kali Irigasi usai menerima laporan dari warga.

“Kami cek, dan (minta warga) coba siram (air ke kloset), dan benar keluar (ke kali). Jadi, kalau lagi ada yang buang air besar, benar bakal ada tinja yang ngambang,” tutur Agus.

Ia menjelaskan, laporan soal kondisi kali yang dipenuhi limbah tinja sebetulnya sudah ada sejak dulu.

Namun, laporan semakin menggunung padawww (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *