Menpora: Presiden FIBA Sebut Indonesia Tuan Rumah Terbaik Piala Dunia

Berita24 Dilihat

Menpora RI Dito Ariotedjo menyebut Presiden FIBA berpendapat bahwa Indonesia adalah tuan rumah terbaik Piala Dunia Basket 2023.

Indonesia merupakan salah satu dari tiga negara yang menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 selain Filipina dan Jepang.

Setelah tugas rampung seiring babak penyisihan yang sudah selesai, muncul pula pengakuan soal kapasitas Indonesia sebagai tuan rumah ajang kelas dunia.

“Jadi kemarin terkait penyelenggaraan dan hospitality dari FIBA World Cup sebenarnya bukan klaim saya ataupun pak Erick [Thohir], tapi memang resmi dari presiden [FIBA] dan sekjen FIBA,” kata Dito di kantor Kemenpora Jakarta, Senin (4/9).

Menurut Dito, penilaian FIBA tentang Indonesia sebagai tuan rumah berangkat dari kualitas pelayanan dan kelancaran acara. Indonesia menggelar putaran pertama dan putaran kedua babak penyisihan Piala Dunia Basket 2023 sejak 25 Agustus hingga 3 September.

Jepang dan Filipina juga menggelar fase yang sama dengan Indonesia. Namun Filipina mendapat jatah menyelenggarakan perempat final hingga final.

“Jadi itu dilihat dari kita yang berhasil menjadi host para negara [peserta]. Kemudian hospitality dan penonton juga Alhamdulillah sampai berakhir game, tidak ada ribut-ribut masalah tiket. Soalnya di dua negara lainnya [Jepang dan Filipina] ada beberapa masalah,” ujar Dito.

“Karena itu FIBA memberi tahu kami bahwa FIBA World Cup 2023, Indonesia mendapat predikat penyelenggara terbaik,” ucapnya menambahkan.

Pernyataan FIBA, lanjutnya, disampaikan secara lisan. Menurut Dito, dalam waktu dekat FIBA bakal memberikan pernyataan resmi secara tertulis ihwal kualitas Indonesia sebagai tuan rumah.

“Sebenarnya itu disampaikan sebatas verbal tapi juga diberikan resmi lah nanti,” kata Dito.

Sebelumnya, FIBA Board Member sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan bahwa Indonesia disebut sebagai tuan rumah penyelenggara FIBA World Cup terbaik di edisi 2023 kali ini.

“Semua dari FIBA dan pemain bilang, kita terbaik sampai hari ini,” kata Erick.

[CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *