NPC Indonesia Siapkan 50 Atlet Menuju Asian Para Games Hangzhou

Olahraga12 Views

Ketua Umum Komite Paralimpiade Indonesia (NPC) Indonesia, Senny Marbun mengatakan tengah menyiapkan 50 atlet untuk menghadapi Asian Para Games 2022 di Hangzhou, China yang akan diselenggerakan 22-28 Oktober 2023 nanti.

“Kami sedang susun lagi, tetapi paling tidak ada 50 atlet yang kami persiapkan untuk Asian Para Games Hangzhou. Mereka akan turun di 12 cabang olahraga, seperti para-atletik, para-tenis meja, para-bulu tangkis, para-catur, dan lainnya,” ujar Senny seperti dimuat Antara, Senin (3/7/2023).

Meskipun demikian, Senny tidak secara gamblang menyebutkan target karena persaingan di pesta olahraga disabilitas terbesar di Asia tersebut cukup berat.

“Bisa mendapat sembilan medali emas saja sudah bagus sekali. Saya tidak patok target karena pesaing di Asia itu berat. Ada Jepang, Korea Selatan, Mesir, dan banyak lagi pesaing berat lainnya,” kata Senny.

Meski begitu, NPC Indonesia akan terus berjuang untuk memberikan yang terbaik dan para-bulu tangkis dinilai menjadi cabang olahraga yang dapat diandalkan untuk meraih medali.

Saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Para Games 2018, skuad Merah Putih berhasil menempati peringkat kelima pada klasemen akhir perolehan medali dengan 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu.

Posisi pertama ditempati China dengan 172 emas, 88 perak, dan 59 perunggu. Lalu Korea Selatan di urutan kedua dengan 54 emas, 44 perak, dan 46 perunggu. Iran di posisi ketiga setelah mengemas 51 emas, 43 perak, dan 42 perunggu serta Jepang di posisi berikutnya dengan 45 emas, 70 perak, dan 83 perunggu.

NPC Indonesia pun akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait jumlah atlet yang akan diberangkatkan untuk bersaing di Asian Para Games 2022 Hangzhou.

Menpora Dito Ariotedjo mengatakan tim review akan bekerja untuk melihat peluang Indonesia di Hangzhou.

“Masih dalam tahap review. Kontingen Asian Para Games dan juga kontingen Asian Games dalam tahap penggodokan finalisasi. Kami akan melihat mana saja cabang olahraga dan atlet yang akan kami siapkan dan berangkatkan,” kata Menpora Dito.

[SUARA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *