Panitia: Indonesia Open 2023 Jadi yang Terakhir di Istora Senayan, Pindah ke Mana?

Olahraga16 Views

Indonesia Open 2023 disebut bakal jadi edisi terakhir turnamen BWF World Tour Super 1000 itu bergulir di Istora Senayan, Jakarta. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Armand Darmadji dalam konferensi pers, Senin (12/6/2023).

Menurut Armand, pihaknya saat ini menunggu progres pembangunan Indoor Multifunction Arena (IMS) atau lebih dengan Indonesia Arena yang juga berada di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Venue yang dikerjakan sejak April 2021 itu ditargetkan Kementerian PUPR untuk selesai pada Juni 2023 lantaran akan dipakai untuk FIBA World Cup 2023 yang bakal berlangsung pada 25 Agustus sampai dengan 10 September 2023 mendatang.

Setelah venue selesai, Armand memastikan bahwa event-event bulu tangkis internasional khususnya Indonesia Open dan Indonesia Masters akan pindah ke IMS.

“Semoga acara ini menambah kesan pengunjung yg nonton Indonesia Open [2023], kami sangat ingin meninggalkan kenangan manis untuk seluruh BL (Badminton Lovers) di Istora. Karena ini kemungkinan besar Indonesia Open terakhir di Istora, sebelum kita pindah ke IMS,” kata Armand Darmadji.

“Jadi kami mengundang seluruh Badminton Lovers untuk hadir meramaikan, menyukseskan dan membuat Istora bergelora kembali.”

Armand menerangkan bahwa keputusan untuk pindah venue ke IMS merujuk pada kapastias venue. Istora Senayan yang cuma bisa menampung sekitar 7.000 penonton dinilai sudah tak lagi cukup menampung antusiasme masyarakat untuk menyaksikan Indonesia Open.

“Kalau buat konfirmasi atau tidak, selama [IMS] aready pasti kita pindah ke sana. Karena dari kapasitas di sini cuma 6.000 kursi yakni dari 7.000 kursi sekitar seribu diantaranya dipakai untuk keperluan FoH (front of house/fasilitas penunjang siaran televisi), kamera, perangkat laga dan lain-lain.”

“Dengan adanya IMS, kami harapkan kami bisa pindah ke sana karena liat sendiri animo [masyarakat] sangat besar. Sehingga kami pastikan kalau lokasi tersedia, kita akan pindah ke sana.”

Indonesia Open 2023 dijadwalkan berlangsung dari 13-18 Juni 2023. Sebanyak 268 pebulu tangkis dari 20 negara akan hadir dalam ajang yang menawarkan hadiah total 1,3 juta dolar AS atau hampir mencapai Rp20 miliar.

Pemain-pemain top dunia dipastikan bakal hadir dalam ajang ini, mengingat Indonesia Open 2023 masuk ke dalam agenda Race to Olympics yang sudah kick-off sejak bulan lalu.

[SUARA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *