Patung Ganesha yang Hilang di Bromo Diganti dengan Koleksi Trowulan

Berita, Nasional23 Dilihat

Patung Ganesha yang hilang di bibir kawah Gunung Bromo akhirnya diganti dengan Arca yang baru. Patung Ganesha terbaru di Bromo diambil dari situs Trowulan, Mojokerto.

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Septi Eka Wardhani mengatakan, patung Ganesha baru itu dipasang Jumat (2/6) sekitar pukul 00.35 WIB.

“Telah diganti Arca Ganesha yang baru di tempat yang sama dengan ritual sederhana pada Jumat dini hari,” kata Septi, Senin (5/6).

Patung Ganesha itu diketahui hilang pada Rabu (17/5). Pemasangan patung baru itu dilaksanakan sekarang karena pihak TNBTS dan masyarakat setempat menunggu petunjuk leluhur lebih dulu.

“Pukul 00.35 WIB yang dipilih sebagai waktu baik berdasarkan petunjuk leluhur,” ucapnya.

Pemasangan ini, kata dia, dilakukan oleh beberapa anggota PHDI dan diserahterimakan oleh Romo Dukun Keto, Tosari, Pasuruan.

Dimensi Arca Ganesha yang baru berukuran kurang lebih tinggi 50 sentimeter dan lebar 50 sentimeter dengan berat sekitar 25 kilogram.

Dengan dipasanganya Patung Ganesha baru ini, BB TNBTS berharap kelestarian alam dan budaya Masyarakat Tengger tetap terjaga.

Sebelumnya, patung Ganesha yang terletak di bibir kawah Gunung Bromo hilang, Rabu (17/5). Hilangnya patung itu terjadi tiga pekan menjelang Hari Raya Yadnya Kasada.

Kanit Reskrim Polsek Sukapura, Probolinggo, Aipda Dadang Hariyanto membenarkan kejadian raibnya patung Ganesha itu.

“Benar, setelah kami cek bersama-sama, patung Ganesha memang tidak ada,” kata Dadang, Kamis (18/5).

Hilangnya patung Ganesha itu disadari pertama kali oleh seorangpemandu wisata, Rabu (17/5) pagi. Dia lalu melaporkannya ke pihak-pihak terkait.

Patung Ganesha berukuran 50 meter persegi itu didirikan di bibir kawah Bromo. Warga Tengger biasa meletakkan sesaji di dekat patung tersebut.

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Polsek Sukapura dan Tetua Masyarakat Tengger akhirnya bersama-sama naik ke bibir kawah Bromo untuk mengecek kebenaran laporan itu.

Benar saja patung itu raib. Masyarakat dan petugas sempat mencarinya di sekeiling bibir kawah Bromo, tapi yang ditemukan hanya bekas reruntuhan pada tumpuan lokasi arca itu.

Polisi pun menyelidiki raibnya patung itu. Mereka juga memintai keterangan warga sekitar, juga para pelaku wisata Bromo.

“Hasil pengecekan di lokasi memang ditemukan bekas reruntuhan semen ke arah kawah Bromo. Atau bisa juga patung Ganesha itu diambil seseorang,” ujarnya.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *