PM Malaysia dan Sultan Brunei Tiba di Indonesia Hadiri KTT ASEAN

Nasional25 Dilihat

JAKARTA, – Para kepala negara dan pemerintahan negara-negara peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN terus berdatangan ke Indonesia pada Senin (4/9/2023) sore hingga petang.

Dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim beserta pendamping tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis sore pukul 15.20 WIB.

Sekitar satu jam kemudian, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah dan pendampingnya tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 16.30 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 17.40 WIB, pesawat yang membawa Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, diikuti Presiden Filipina Ferdinand Marcos pada pukul 18.30 WIB.

Dengan demikian, sejauh ini sudah ada 10 dari 22 negara partisipan KTT ke-43 ASEAN yang telah berada di Indonesia, termasuk Presiden Joko Widodo.

Sebelumnya, ada Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown, Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Kamboja Hun Mamet, dan Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone yang telah tiba di Indonesia sejak Minggu (3/8/2023) malam hingga Senin siang.

Untuk diketahui, rangkaian KTT ke-43 ASEAN akan diselenggarakan di Jakarta pada Selasa (5/9/2023) hingga Rabu (7/9/2023).

Rangkaian KTT-43 ASEAN juga akan diisi dengan KTT antara ASEAN dengan sejumlah negara mitra. Rangkaian pertemuan tersebut dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan lainnya adalah KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Three, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Total ada 22 negara yang akan hadir dalam rangkaian KTT ini, sebelas di antaranya adalah negara-negara anggota ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Laos, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Lalu, ada sembilan negara mitra wicara ASEAN yang akan hadir yakni Korea Selatan, Jepang, India, China, Australia, Selandia Baru, Kanada, Rusia, dan Amerika Serikat.

Selain itu, ada dua negara undangan yakni Bangladesh dan Kepulauan Cook. Bangladesh diundang dalam kapasitasnya sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA), sedangkan Kepulauan Cook sebagai Ketua Pacific Islands Forum (PIF).

[KOMPAS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *