[POPULER JABODETABEK] 15 Pelanggaran yang Jadi Sasaran Operasi Zebra Jaya 2023 | Warga Jakarta Harus Ganti KTP Setelah Ibu Kota Pindah

Nasional15 Views

JAKARTA, – Sejumlah berita seputar Jabodetabek mewarnai pemberitaan Kompas.com sepanjang Senin (18/9/2023).

Artikel mengenai 15 pelanggaran yang jadi sasaran dalam Operasi Zebra Jaya 2023 menjadi berita terpopuler di kanal Megapolitan.

Selanjutnya, artikel tentang warga Jakarta harus ganti KTP setelah Ibu Kota pindah banyak dibaca pembaca Kompas.com dan menjadi berita terpopuler lainnya.

Sementara itu, berita tentang kurir di Cilangkap dituduh tunggak cicilan motor oleh debt collector turut menarik perhatian dan banyak dibaca.

Berikut ini adalah paparan dari tiga berita Populer Jabodetabek yang disebut di atas:

1. 15 pelanggaran yang jadi sasaran dalam Operasi Zebra Jaya 2023

Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Zebra Jaya 2023 mulai Senin 18 September 2023 hingga 1 Oktober 2023.

Operasi ini diberi tagline “Kamseltibcar Lalu Lintas yang Kondusif menuju Pemilu Damai 2024”.

Dikutip dari akun Instagram resmi @tmcpoldametro, ada 15 sasaran pelanggaran yang ditujukan pada Operasi Zebra kali ini.

Berikut 15 pelanggaran yang akan disasar polisi dalam Operasi Zebra 2023. Baca selengkapnya di sini.

2. Sekda DKI: warga Jakarta harus ganti KTP setelah Ibu Kota pindah

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebut bahwa seluruh warga Jakarta harus mengganti Kartu Tanda Penduduk (KTP) setelah Ibu Kota resmi berpindah pada 2024.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono menjelaskan, pencetakan ulang KTP warga bakal dilakukan dalam rangka penyesuaian status Jakarta, ketika tidak lagi berstatus Daerah Khusus Ibu Kota (DKI).

“Ya (KTP) itu kan pasti berubah, kan Daerah Khusus Ibu Kota jadi Daerah Khusus Jakarta. Tentunya harus ada penyesuaian di semua identitas,” ujar Joko di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2023).

Meski begitu, Joko menegaskan bahwa penggantian KTP tersebut masih menunggu penyelesaian Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Daerah Khusus Jakarta. Baca selengkapnya di sini.

3. Kurir di Cilangkap dituduh tunggak cicilan motor oleh debt collector, padahal selalu lancar

Zidan (22), warga Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, dituduh menunggak cicilan motor oleh para debt collector.

Padahal cicilan motor selalu lancar dibayar tepat waktu olehnya.

“Bahasa debt collector-nya mungkin, si korban dibilang belum bayar berdasarkan data yang mereka punya. Terus mereka minta STNK korban untuk dicocokin sama data. Terus diajak buat diselesaikan di kantor,” kata Ketua RW 02 Cilangkap bernama Nurito ketika dihubungi, Minggu (17/9/2023).

Delapan orang yang mengaku debt collector itu meminta STNK motor Zidan untuk dicocokkan dengan data yang ada di perusahaan mereka. Baca selengkapnya di sini.

[KOMPAS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *