Puan Beri Sinyal Ada Nama Baru dalam Daftar Kandidat Cawapres Ganjar

Nasional10 Views


JAKARTA, – Ketua DPP PDI-P Puan Maharani mengungkap kemungkinan acara puncak perayaan Bulan Bung Karno pada 24 Juni mendatang dihadiri sosok bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo.

Meski demikian, Puan mengaku tak hapal siapa saja tokoh yang digadang sebagai bakal cawapres akan hadir pada Sabtu besok.

Untuk diketahui, acara puncak Bulan Bung Karno diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 24 Juni 2023.

“Ya nanti bisa dilihat siapa saja yang hadir, saya enggak terlalu hafal juga undangannya yang kemudian diundang,” kata Puan ditemui di sela-sela peninjauan lokasi acara, Kamis (22/6/2023).

Puan mengatakan, acara ini juga bisa saja menghadirkan sosok-sosok yang bahkan belum pernah disebut olehnya dalam radar cawapres.

Ketua DPR RI ini sebelumnya sudah beberapa kali menyebut nama-nama yang masuk dalam radar bakal cawapres pendamping Ganjar.

“Bisa saja (yang hadir) dari orang-orang yang kemudian yang nanti hadir merupakan bacawapres-bacawapres dari bacapres (bakal calon presiden) PDI Perjuangan yang belum pernah saya sebutkan, atau mungkin belum kelihatan,” ujarnya.

Puan mengungkapkan, sosok-sosok yang hadir itu akan dicermati olehnya untuk masuk radar bakal cawapres.

“Karena ya di situlah kita akan melihat bahwa akan ada wajah-wajah baru atau wajah-wajah lama yang selama ini sudah kami cermati untuk bisa jadi salah satu bacawapres PDI-P,” katanya.

Lebih lanjut, Puan mengatakan, partai politik yang dipastikan hadir dalam acara adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Perindo dan Hanura.

Diketahui, ketiga partai politik tersebut sudah resmi membangun kerja sama politik dengan PDI-P untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024.

“Yang lain-lain, kami masih dalam konfirmasi, namun Insya Allah besok sudah ada kepastian kira-kira yang bersangkutan bisa hadir atau tidak,” ujar Puan.

Diberitakan sebelumnya, Puan Maharani mengungkap sejumlah nama yang masuk dalam radar bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

Nama-nama itu, mulai dari menteri Kabinet Indonesia Maju, kepala daerah, hingga pimpinan partai politik.

“Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD) sudah masuk namanya,” kata Puan usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI-P di Sekolah Partai DPP PDI-P, Jakarta Selatan pada 6 Juni 2023.

“Pak Erick Thohir (Menteri BUMN), Pak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Pak Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif). Kemudian, ada Pak AHY (Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono), Pak Airlangga (Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto). Nama-nama itu masuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan,” ujarnya lagi.

[KOMPAS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *