Tanggal 14 Juni Memperingati Hari Apa?

Nasional15 Views

Tanggal 14 Juni 2023 jatuh pada hari Rabu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia.

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 14 Juni 2023.

Hari Donor Darah Sedunia

Setiap tanggal 14 Juni tiap tahunnya dirayakan sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Tanggal 14 Juni dipilih karena bertepatan dengan hari ukang tahunnya Karl Landsteiner. 

Karl Landsteiner merupakan ilmuwan yang menemukan jenis golongan darah manusia. Sebetulnya, sejarah donor darah sudah lama ada jauh sebelumnya. 

Transfusi pertama dilakukan denga ilmu pengetahuan yang terbatas. Kala itu Richard Lower menjadi orang pertama yang meneliti ilmu donor darah dengan hewan. Dia berhasil mentransfusikan darah antara dua anjing tanpa efek buruk yang berarti.

Hari Donor Darah Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang peran besar donor darah. Selain bermanfaat bagi orang yang membutuhkan, rutin donor darah juga baik untuk kesehatan. 

Hari ini juga didedikasikan untuk para donatur atas layanan dan tekad mereka untuk menyelamatkan nyawa orang.

Hari Mandi Internasional 

Di Amerika Serikat terdapat Hari Mandi yang kemudian menjadi populer dalam dunia internasional. Hari itu dirayakan setiap tanggal 14 Juni.

Hari ini bertujuan untuk mendorong orang untuk lebih mecintai mandi. Sebab kenyataannya, masih ada beberapa orang yang malas untuk mandi.

Tidak hanya itu saja, hari ini juga mengingatkan kita agar lebih bersyukur karena tersedia air bersih untuk mandi. Sebab, ada beberapa daerah yang tidak memiliki akses ke air bersih dan dapat diminum.

Jadi meski sesekali menikmati mandi mewah boleh saja, tapi kita harus ingat untuk tidak pernah membuang-buang air.

[KOMPAS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *