Tinjau Stasiun Pasar Senen, Menteri PPPA Cek Kesiapan Fasilitas bagi Pemudik Perempuan dan Anak

JAKARTA, – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati meninjau Stasiun Pasar Senen, Jakarta, guna mengecek kelengkapan fasilitas ramah perempuan dan anak.

Pantauan Kompas.com, Bintang dan jajaran tiba di lokasi pada Minggu (16/4/2024) pukul 15.54 WIB. Ia tampak memakai atasan berwarna merah dan celana jin biru muda.

Dalam kunjungan itu, Bintang didampingi Kepala stasiun Pasar Senen Hendrik Mulyanto, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan M Risal Wasal, dan Direktur Operasi PT KAI Awan Hermawan.

Setibanya di lokasi, ia langsung meninjau tempat bermain bagi anak-anak yang sedang menunggu keberangkatan kereta. Di situ, ia sempat mengobrol dengan salah satu pemudik dan bermain dengan anaknya.

Politisi PDI Perjuangan itu juga kemudian meninjau ruang laktasi dan ruang kesehatan yang ada di Stasiun Pasar Senen.

“Di Stasiun Senen ini kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PT KAI yang kalau kita standardisasi yang kita harapkan untuk bisa memberikan mudik yang aman nyaman dan ramah perempuan dan perlindungan anak secara umum itu sudah dipenuhi,” kata Bintang di lokasi.

Selain meninjau fasilitas, Bintang juga menyempatkan diri menyapa pemudik penyandang disabilitas yang hendak naik kereta api.

Dia juga menyapa dan meninjau gerbong Kereta Api Jayabaya jurusan Malang. Dalam kunjungannya, Bintang turut membagikan bingkisan untuk sejumlah anak-anak yang berisi obat-obatan, vitamin, makanan ringan serta bingkisan spesifik perempuan yang isinya hygine kit, vitamin, dan makanan ringan.

Menurut Bintang, ruang laktasi dan ruang kesehatan di Stasiun Pasar Senen sudah disediakan dan difasilitasi dengan baik.

“Kemudian terkait dengan disabilitas itu sudah ada langkah-langkah yang luar biasa dilakukan dan juga untuk memberikan suasana yang nyaman kepada anak-anak itu sudah ada ruang bermain untuk yang ramah untuk anak-anak,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menyampaikan komitmen untuk terus memperbaiki fasilitas di stasiun kereta, termasuk fasilitas bagi penyandang disabilitas.

“PT KAI selalu memberikan perbaikan-perbaikan dalam meningkatkan pelayanan nanti ke depannya sudah kami siapkan troli yang akan memudahkan difabel untuk naik turun ke kereta api,” kata Risal.

[KOMPAS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *