Turun 32 Kg, Ini Kata Dokter Soal Diet Fadli Zon

Kesehatan22 Dilihat

Penampilan politikus Fadli Zon bikin pangling. Diet Fadli Zon ini membuatnya turun berat badan sampai 32 kg.

“Setelah turun 32 kg, badan terasa ringan,” kata Fadli Zon dalam unggahan di twitternya.

Dalam unggahannya wajahnya memang terlihat lebih tirus, tangannya pun lebih kecil. Unggahannya ini pun menuai banyak komentar.

“Kelihatan lebih muda 15 tahun,” tulis Anas Urbaningrum.

“Wah hebat, apa rahasianya pak ketua? bagi tips dong,” tulis Yustinus Prastowo, Juru Bicara Kementerian Keuangan RI.

Mantan Menteri perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti pun juga ‘meninggalkan jejak’ komentar menggunakan emoticon jempol dan tepuk tangan.

Lalu apa diet Fadli Zon sehingga bisa turun 32 kg? Normalkan turun berat badannya secara drastis?

[Gambas:Twitter]

Spesialis gizi klinis Johanes Casay Chandrawinata, menyebut penurunan berat badan yang dialami Fadli Zon merupakan hal yang wajar. Ia juga menyebut, berat badan turun secara drastis dalam waktu singkat tidak melulu jadi pertanda kondisi kesehatan yang buruk.

Menyebut cepat atau lambatnya berat badan seseorang turun dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Di antaranya pola makan, kebiasaan olahraga, konsumsi obat-obatan, serta perilaku disiplin.

“Tergantung, pasien saya tadi dari Januari sampai sekarang sudah turun 40 kilogram, nah itu penurunan berat badannya seminggu itu memang 1-2 kilogram,” kata Johanes.

“Jadi kalau penurunan berat badan awal, sekitar 4-6 minggu pertama, kalau turunnya bagus, itu nanti ke depan penurunan berat badannya akan banyak.”

Jadi bagaimana cara diet yang aman ?

“Jadi harus ada pola makan yang lebih sehat, lebih rendah kalori, kedua perubahan aktivitas fisik, ketiga perubahan perilaku, dan keempat obat-obatan untuk penurunan berat badan,” kata Johanes dikutip dari detikcom.

Obat-obatan untuk membantu menurunkan berat badan juga tak bisa dilakukan sembarangan. Pengawasan dokter menjadi penting untuk melihat risiko efek samping yang mungkin muncul. Terlebih, jika pasien ternyata memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Selain diet Fadli Zon, operasi bariatrik juga bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan.

“Operasi kegemukan (bariatric surgery) yang populer itu adalah sleeve gastrectomy, itu dilakukan dengan laparoskopi kemudian lambung yang sebelah kiri itu dipotong,” katanya.

[CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *