Wisatawan RI ke Jepang Bebas Visa Pakai E-Paspor, Korea Kapan?

Travel36 Dilihat

Jepang telah mengizinkan wisatawan asal Indonesia untuk berkunjung tanpa visa alias bebas visa, dengan syarat harus memiliki E-Paspor atau paspor elektronik. Kemudahan ini diberikan menyusul angka kunjungan wisatawan tanah air yang cukup tinggi.

Sayang, kebijakan serupa belum diberlakukan oleh negara tetangga Jepang, Korea Selatan. Padahal, Korea Selatan juga negara yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia.

Selama tahun lalu saja, lebih dari 200 ribu turis asal Indonesia mendatangi Korea Selatan. Tahun ini, Pemerintah Negeri Ginseng juga menggencarkan Visit Korea 2023 untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke negara mereka.

Sesungguhnya wisatawan Indonesia bisa bebas visa mengunjungi Korea Selatan, tapi cuma sebatas kunjungan ke Pulau Jeju. Bagi turis Indonesia tanpa visa yang sudah tiba di Pulau Jeju, tidak dapat langsung menyeberang ke daratan Korea begitu saja. Wisatawan Indonesia harus kembali dulu ke negara asal untuk mengurus visa, sebelum berkunjung ke wilayah Semenanjung Korea.

Mengenai hal ini, Direktur Korea Tourism Organization (KTO), Yang Su Bae, mengaku dari pihak Kementerian Pariwisata Korea Selatan terus berupaya mempermudah wisatawan Indonesia berkunjung ke Korea.

“Tiap kali ada kesempatan rapat di Cheong Wa Dae atau Blue House (kantor kepresidenan Republik Korea Selatan), kami selalu menyampaikan bagaimana caranya untuk mempermudah wisatawan Indonesia berkunjung ke Korea,” kata Yang Su Bae kepada CNNIndonesia.com di Jakarta, Kamis (8/6).

Menurut Yang Su Bae, salah satu yang minta dipermudah untuk wisatawan RI adalah dalam hal visa. Namun, keputusan soal visa bukan dari Kementerian Pariwisata, melainkan pihak Keimigrasian di bawah Kementerian Hukum di Korea.

“Ada pertimbangan keimigrasian di bawah Kementerian Hukum di Korea. Itu juga ada pertimbangan untuk mengantisipasi hal-hal di luar dugaan, yang ke Korea tujuannya bukan untuk wisata. Jadi, untuk mengontrol itu, visa akan tetap berjalan untuk sementara ini,” jelasnya.

Pada tahun Peringatan 50 tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Korea Selatan, tentu akan jadi istimewa apabila wisatawan Indonesia bebas visa ke negara yang menyajikan makanan kimchi yang lezat ini.

Yung Su Bae menambahkan, pihak Kementerian Pariwisata Korea Selatan menilai masih butuh waktu untuk wisatawan asal Indonesia bebas visa ke semenanjung Korea, walaupun upaya terus dilakukan untuk mempermudah kunjungan.

“Entah itu kemudahan dari dokumen visanya, dari biaya visanya, tapi kalau untuk bebas visa kita terus meminta, tapi belum tentu itu terwujud. Jadi mungkin masih butuh waktu,” bebernya.

[CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *