Survei Charta Politika: Pemilih Anies dan Ganjar Lebih Fanatik daripada Pemilih Prabowo

Nasional25 Dilihat

JAKARTA, – Survei dari Charta Politika memperlihatkan, pemilih mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo lebih fanatik dibandingkan pemilih Manteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Data itu didapat berdasarkan survei yang dilakukan pada periode 2-7 Mei 2023.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam jumpa pers virtual, Senin (15/5/2023), mengatakan bahwa Anies dan Ganjar bersaing di tingkat pemilih fanatik.

“Walaupun pertarungan elektabilitas lebih dikuasai oleh Pak Prabowo dan Mas Ganjar, tetapi di tingkat kemantapan, Pak Prabowo ini ada di bawah,” kata Yunarto dalam YouTube Charta Politika, dikutip pada Selasa (16/5/2023).

Berdasarkan hasil survei, tingkat kemantapan pemilih Prabowo 53 persen.

“Hanya 53 persen dari seluruh pemilih Pak Prabowo yang menyatakan sudah mantap,” ucap Yunarto.

Sementara itu, tingkat kemantapan pemilih Anies 68 persen dan Ganjar 69 persen.

“Mas Anies dan Mas Ganjar pemilihnya lebih fanatik,” kata Yunarto.

“Gontok-gontokannya mungkin akan lebih terasa, ngebelain jagoannya lebih terasa, mungkin menyerang kompetitornya lebih terasa,” ucap Yunarto lagi.

Namun, dalam hal elektabilitas, Prabowo bersaing dengan Ganjar yang berada di urutan pertama.

Elektabilitas Ganjar paling tinggi dengan 34,6 persen, disusul Prabowo 28,1 persen, lalu urutan ketiga ada Anies dengan 21,4 persen.

Adapun pemilihan sampel dalam survei ini dilakukan melalui metode multistage random sampling, dengan margin of error diperkirakan lebih kurang 2,82 persen.

Pada kesempatan tersebut, Charta Politika melakukan wawancara terhadap 1.220 responden melalui tatap muka pada 2-7 Mei 2023.

[KOMPAS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *