Diidap Vidi Aldiano, Ini Alasan Kanker Ginjal Lebih Rentan pada Pria

Kesehatan37 Dilihat

Kanker ginjal bisa dialami siapa saja, tak pandang usia atau jenis kelamin. Namun, dari semua kelompok, pria adalah kelompok paling rentan terkena kanker ginjal.

Baru-baru ini penyanyi Vidi Aldiano juga diketahui mengidap kanker ginjal. Dia bahkan harus melakukan pengobatan rutin agar sel kanker tidak menyebar ke organ tubuh lainnya.

Koordinator Bidang Ilmiah Ikatan Ahli Urologi Indonesia dan Kepala Staf Medik Urologi Rumah Sakit Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya Lukman Hakim mengatakan, pria memang lebih rentan terkena penyakit ini jika dibandingkan dengan wanita.

Merujuk data Global Cancer Observatory (Globocan), kanker ginjal menjadi penyakit nomor tujuh yang banyak diidap pria di dunia. Data mencatat ada sebanyak 746.547 pasien gagal ginjal per 2020 lalu.

“Gagal ginjal menempati urutan ketujuh sebagai kanker yang diidap laki-laki dunia. Dia memang paling berisiko pada kelompok laki-laki,” kata Lukman dalam media briefing Ikatan Dokter Indonesia (IDI) secara daring, Rabu (20/9).

Lukman mengatakan, ada beberapa alasan mengapa pria bisa jadi kelompok rentan kanker ginjal. Hal ini kemungkinan besar didukung dengan gaya hidup pria yang biasanya tidak lebih sehat dari wanita.

“Salah satunya faktor merokok. Jika dibandingkan pria dan wanita, lebih banyak pria yang merokok. Dan rokok ini jadi salah satu pemicu kanker, termasuk kanker ginjal,” kata dia.

Selain merokok, alasan lainnya adalah pekerjaan. Kanker ginjal bisa muncul saat seseorang sering terpapar zat-zat beracun karsinogenik yang banyak ditemukan di lingkungan kerja di mana pekerja pria mendominasi. Salah satu contohnya adalah pabrik.

“Meskipun ada wanita yang kerja di pabrik, ada wanita yang merokok, tapi masih lebih banyak pria jika dilihat secara statistik. Hal-hal inilah yang membuat pria jadi kelompok rentan, selain juga ditambah faktor genetik,” kata dia.

[CNN]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *