SUV Baru Mitsubishi Bakal Pakai Mesin Xpander?

Berita13 Views

Mitsubishi kembali membuka selubung informasi mengenai calon SUV anyar di Tanah Air sebagai penantang Honda HR-V hingga Toyota Corolla Cross. Kali ini menyoal dapur pacu yang diduga pakai mesin 1.500 tanpa turbo.

Informasi ini menguatkan dugaan jika SUV yang sekarang memiliki nama XFC Concept tersebut akan berbagi basis mesin dengan produk andalan Mitsubishi, yaitu Xpander namun dengan sejumlah perubahan untuk menyesuaikan kebutuhan sebuah SUV.

“SUV ini menggunakan mesin [sudah digunakan pada model lain] tanpa turbo. Mesin itu tidak perlu pakai turbo,” kata Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat berkunjung ke redaksi CNNIndonesia.com, Rabu (21/6).

Sementara itu, Amiruddin General Manager of Sales & Marketing Division MMKSI memberikan kisi-kisi jika jantung pacu calon SUV anyar bakal memakai mesin basis yang sudah diproduksi massal.

Amir menegaskan basis mesin tersebut, Amiruddin katakan hanya disesuaikan di sejumlah bagian untuk kebutuhan mengemudi konsumen XFC di Tanah Air. Tidak diurai lebih jauh basis mesin yang dimaksud.

“Mesin menggunakan basis yang sudah ada tapi ada beberapa perubahan menyesuaikan karakter mobil yaitu SUV,” ucap Amir.

Low MPV Xpander menggendong mesin bensin berkapasitas 1.500 cc MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system) berkode4A91. Jatung pacu yang sama juga digunakan Mitsubishi untuk model penantang Toyota Rush dan Daihatsu Terios, yakni Xpander Cross.

Mesin DOHC 16 valve tersebut diklaim memiliki tenaga 103,5 hp dengan torsi 141 Nm saat putaran mesin 6.000 RPM.

Sebagai informasi, 4A91 merupakan kode pada mesin legendaris Mitsubishi yang sebelumnya pernah dipakai Lancer lansiran 2007 dan Colt CZ3 generasi 2005. Sejak awal, keluarga mesin 4A9 ini memang dirancang sebagai generasi mesin ringkas yang dibuat ringan, dengan mempertimbangkan performa, serta menjunjung efisiensi.

Meski belum resmi meluncur,XFC Concept saat ini sudah bisa dipesan oleh konsumen dengan cara memberikan tanda jadi Rp5 juta. Kabar dari tenaga penjual dealer Mitsubishi, mobil ini bakal dijual dengan harga Rp400 jutaan.

Pihak Mitsubishi juga diprediksi akan memproduksi pesaing Honda HR-V, Hyundai Creta dan Toyota Yaris Cross itu di Indonesia lalu kemudian disebar ke sejumlah negara buat kebutuhan ekspor.

[CNN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *