Pengertian Persaingan, Faktor Pendorong, dan Dampaknya

Berita65 Views

Dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kamu akan menemukan materi tentang persaingan. Persaingan dapat terjadi antara dua belah pihak yang berlomba atau berkompetisi satu sama lain dan ingin mencapai tujuan atau suatu kemenangan tertentu.

Dikutip dari Buku IPS TERPADU: РJilid 2B karya Sri Pujiastuti, dkk, pengertian persaingan adalah suatu proses sosial di mana orang-perseorangan atau kelompok manusia berusaha mengalahkan pihak lain tanpa menggunakan ancaman atau kekerasan.

Untuk lebih memahaminya simak pengertian, faktor pendorong, serta dampaknya berikut ini.

Pengertian Persaingan

Menurut Wiese dan Becker (1933), persaingan adalah suatu proses sosial, di mana individu atau kelompok-kelompok manusia yang bersaing mencari keuntungan melalui bidang-bidang kehidupan yang pada suatu masa tertentu menjadi pusat perhatian umum (baik perorangan maupun kelompok manusia).

Dengan cara menarik perhatian publik atau dengan mempertajam prasangka yang telah ada, tanpa mempergunakan ancaman atau kekerasan.

Secara garis besar, persaingan dapat terjadi antara dua belah pihak yang berlomba atau berkompetisi satu sama lain dan ingin mencapai tujuan atau suatu kemenangan tertentu. Tujuannya sangat beragam, bisa dalam bentuk harta benda maupun popularitas .

Faktor Pendorong Persaingan

Persaingan pun tidak terjadi begitu saja, melainkan terdapat beberapa faktor yang mendorong hal tersebut terjadi.

Berikut faktor pendorong persaingan.

Anggapan atau perasaan bahwa seseorang akan lebih beruntung jika tidak bekerja sama dengan orang lain.
Anggapan atau perasaan bahwa orang lain dapat memperkecil hasil suatu pekerjaan.
Adanya berbagai motivasi pribadi, seperti untuk dihargai oleh orang lain, untuk mendapat kekuasaan dan untuk mendapat nama baik.

Adapun hal tersebut akhirnya melahirkan berbagai bentuk persaingan, antara lain adalah:

Persaingan yang bersifat pribadi (rivalry)
Persaingan yang bersifat kelompok

Bentuk Persaingan

Kedua bentuk persaingan di atas akhirnya juga memunculkan bentuk persaingan lain, seperti :

1. Persaingan ekonomi

Persaingan ekonomi yakni persaingan yang timbul karena terbatasnya benda pemuas kebutuhan jika dibandingkan dengan laju pertumbuhan manusia.

2. Persaingan kebudayaan

Persaingan kebudayaan adalah persaingan yang timbul ketika suatu kebudayaan tertentu berusaha masuk dan menggantikan kebudayaan yang telah ada sebelumnya.

3. Persaingan kedudukan dan peranan

Yang dimaksud dengan persaingan kedudukan dan peranan yakni persaingan yang timbul ketika beberapa orang atau kelompok yang berusaha mengejar kedudukan dan peran yang tinggi dari sebelumnya, agar dihargai oleh masyarakat.

4. Persaingan ras

Persaingan ras yakni persaingan yang timbul karena perbedaan warna kulit, bentuk tubuh, corak rambut, dan sebagainya.

Dampak Persaingan

Selain pengertian persaingan dan faktor pendorongnya. Kamu perlu tahu apa dampak dari terjadinya persaingan, di antaranya sebagai berikut.

Apabila persaingan dilakukan secara jujur, seseorang dapat mengembangkan rasa sosial dalam dirinya. Sebab hampir tidak mungkin seseorang bersaing satu sama lain, jika tidak mengenal lawannya dengan baik.
Persaingan akan mendorong orang untuk bekerja keras supaya dapat memberikan andil bagi pembangunan masyarakat. Dengan ini, individu akan mengalami kemajuan.
Selama persaingan dilakukan secara jujur, solidaritas kelompok tidak akan goyah. Karena di dalam kelompok tidak akan ada perasaan iri satu sama lain.
Persaingan juga dapat menyebabkan orang-orang yang kalah dalam persaingan dikesampingkan di dalam masyarakat, baik oleh dirinya sendiri maupun oleh masyarakat. Dampak seperti inilah yang tentunya harus dihindari.

Namun dibalik itu semua, persaingan ternyata memiliki beberapa fungsi bagi kehidupan. Berikut ini fungsi dari persaingan.

Dapat menyalurkan keinginan-keinginan individu atau kelompok yang bersifat kompetitif
Sebagai jalan di mana keinginan, kepentingan serta nilai-nilai yang pada suatu masa menjadi pusat perhatian, tersalurkan dengan baik oleh mereka yang sedang bersaing.
Merupakan alat untuk mengadakan seleksi atau dasar sosial.

Demikian pengertian persaingan dan juga dampaknya. Semoga dapat dipahami dan berguna bagi kehidupan sosial sehari-hari.

[CNN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *