Sederet Drama dan Kontroversi di Balik Serial The Idol

Hiburan18 Views

The Idol resmi menayangkan episode perdana berjudul Pop Tart & Rat Tales melalui jaringan kabel dan platform streaming HBO pada Senin (5/6) waktu Indonesia.

Serial ini ramai dibahas menyusul kontroversi selama produksi yang diungkapkan berbagai pihak.

Salah satu perdebatan yang paling ramai, yakni laporan Rolling Stone pada Maret 2023. Rolling Stone merilis laporan investigasi berupa pengakuan kru produksi The Idol tentang lingkungan kerja toksik dan konflik kreatif di dalamnya.

Pengakuan itu memicu kontroversi hingga desas-desus miring terkait syuting The Idol yang dituding berjalan “dengan liar dan menjijikkan.” Perdebatan itu memicu mundurnya Amy Seimetz yang menjadi sutradara seluruh episode.

The Idol, serial bertema industri hiburan Amerika, juga dikabarkan mengalami perubahan besar-besaran dengan alasan visi kreatif. Tuduhan tak pelak menjerat Sam Levinson dan Abel “The Weeknd” Tesfaye selaku kreator serial tersebut.

The Idol mengisahkan seorang bintang pop naik daun bernama Jocelyn (Lily-Rose Depp) yang menjalin kasih dengan Tedros (Abel Tesfaye), pemilik sebuah bar di Los Angeles sekaligus pemimpin sekte rahasia

Berikut sejumlah drama dan kontroversi di balik The Idol.

1. Awal mula kontroversi

Proyek The Idol pertama kali diumumkan pada Juni 2021 dan proses produksi dimulai beberapa waktu setelah itu. Namun setahun kemudian, Deadline melaporkan serial itu mengalami perubahan besar dari segi kreatif maupun pergantian kru dan pemeran.

Laporan itu semula dianggap sebagai angin lalu, hingga akhirnya muncul laporan lain dari Rolling Stone pada Maret 2023. Desas-desus semakin kencang ketika Amy Seimetz mundur darikursi sutradara.

Rolling Stones mewawancarai 13 kru dan pemeran serial yang tidak disebutkan namanya soal dugaan perubahan cerita secara drastis dan lingkungan kerja yang tak sehat.

2. Alasan Amy Seimetz mundur

Amy Seimetz sesungguhnya tidak memberikan penjelasan spesifik soal alasan dirinya mundur dari kursi sutradara. Namun, menurut Deadline, keputusan tersebut berkaitan dengan Abel Tesfaye yang “tidak senang dengan arahan kreatif serial itu”.

Deadline menduga inti permasalahan tersebut berasal dari Abel “The Weeknd” Tesfaye. Musisi yang dalam proyek The Idol terlibat sebagai kreator dan pemeran utama itu disebut “merasa serial tersebut terlalu condong ke ‘perspektif wanita'”.

Abel disebut tidak senang karena The Idol lebih banyak mengisahkan kehidupan karakter yang diperankan Lily-Rose Depp dibandingkan dirinya sendiri.

[Gambas:Youtube]

Lanjut ke sebelah…

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *